Home Layanan Publik Warga Negara Asing Surat Keterangan Keimigrasian

Surat Keterangan Keimigrasian (SKIM) - Prosedur SKIM

Email Cetak PDF
Indeks Artikel
Surat Keterangan Keimigrasian (SKIM)
Persyaratan SKIM
Prosedur SKIM
Semua Halaman

 

PROSEDUR PERMOHONAN SKIM

Prosedur Permohonan Surat Keterangan Keimigrasian (SKIM) adalah sebagai berikut :

  1. Petugas loket menerima berkas dari pemohon, memeriksa kelengkapan permohonan  dan memasukan berkas ke dalam  komputer termasuk pemindaian dokumendan penyerahan Paspor.
  2. Petugas loket menyerahkan berkas yang sudah diverifikasi ke Seksi Waskadim untuk dilakukan pengecekan terhadap Daftar Cegah dan penelitian dokumen yang diterima.
  3. Bagian Seksi Statuskim memproses permohonan yang sudah diverifikasi oleh Seksi Waskadim dan melanjutkan untuk dibuatkan permohonan lanjutan kepada Kanwil atau Ditjen Imigrasi untuk mendapatkan persetujuan permohonan SKIM tersebut.
  4. Kanwil atau Ditjen Imigrasi akan menyerahkan dokumen yang telah disetujui kepada Kantor Imigrasi permohon kembali untuk dilakukan pembayaran.
  5. Bendahara Penerima menerima pembayaran terhadap permohonan yang diajukan dan mengeluarkan Tanda Terima Pembayaran.
  6. Berkas yang sudah dilakukan pembayaran dikirimkan ke Petugas Foto & Sidik Jari (5.a) untuk dilakukan pengambilan identifikasi : Foto Wajah, Sidik jari & Tanda Tangan pemohon dan menyerahkan dokumen yang sudah lengkap kepada Kepala Kantor (5.b) untuk ditandatangani.
  7. Permohonan yang sudah ditandatangani oleh Kepala Kantor untuk dilanjutkan ke bagian Loket Penerima (6) untuk diserahkan kepada pemohon dan ke bagian Seksi Infokim (6.a) untuk dilakukan pengarsipan dan pemindaian dokumen.
  8. Petugas Loket penyerahkan berkas permohonan yang sudah disetujui.


Pemutakhiran Terakhir ( Minggu, 30 Oktober 2011 20:23 )