Home

Sosialisasi Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian

Email Cetak PDF

Sehubungan dengan telah diberlakukannya Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian menggantikan pertauran perundang-undangan yang lama yaitu Undang-Undang Nomor 9 Tahun 1992 tentang Keimigrasian, Kantor Imigrasi Kelas I Jakarta Pusat melaksanakan kegiatan Sosialisasi Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian, bertempat di The Media Hotel & Tower, Jl. Gunung Sahari Raya No. 3 Jakarta Pusat. Kegiatan sosialisasi tersebut berlangsung pada tanggal 05 - 07 September 2012, di ikuti oleh 100 (seratus) orang perwakilan yang meliputi unsur instansi pemerintah terkait, perusahaan yang mempekerjakan Tenaga Kerjas Asing (TKA), Hotel dan Apartemen di wilayah kerja Kantor Imigrasi Kelas I Jakarta Pusat serta perusahaan biro jasa keimigrasian.

Kegiatan sosialiasi tersebut di buka oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Ham DKI Jakarta, Bpk. Drs. Irsyad Bustaman, M.Si, dan dihadiri oleh Bapak Drs. Rindang Napitupulu selaku Sekretaris Direktorat Jenderal Imigrasi serta seluruh Kepala Kantor Imigrasi dan Rumah Detensi Imigrasi se- DKI Jakarta. Tujuan dilaksanakan kegiatan sosialisasi ini adalah guna menginformasikan semua kaidah dan hal yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 terutama kaidah atau aturan yang dalam undang -undang yang lama belum diatur atau dijelaskan.

Bertindak selaku Narasumber dalam kegiatan tersebut adalah Bpk. Zakaria, SH (Kasubdit Visa Dit. Dokumen Perjalanan, Visa dan Fasilitas Keimigrasian) yang mempresentasikan tentang Surat Perjalana RI (SPRI) atau yang biasa disebut paspor RI, Visa RI dan Fasilitas Keimigrasian. Narasumber kedua adalah Bpk. Edward Robert Silitonga, SH, CN, MH (Kasubdit Penindakan Keimigrasian Dit. Penyidikan dan Penindakan Keimigrasian) yang mempresentasikan Peran dan Fungsi Imigrasi Dalam Pemantauan dan Pengawasan Orang Asing. Narasumber ketiga adalah Bpk. Firdaus Amir, SH, MH (Direktur Izin Tinggal dan Status Keimigrasian) yang mempresentasikan tentang Masalah Izin Tinggal dan Status Keimigrasian. Dan Narasumber ke empat adalah Bpk. Drs. Alif  Suadi, M. Si (Kasubdit Perancangan dan Pengamanan Dit. Sistem Informasi dan Teknologi Keimigrasian) yang mempresentasikan tentang Sistem Informasi Manajemen Keimigrasian (SIMKIM)

Dengan adanya kegiatan sosialisasi ini diharapkan semua pihak yang terkait dapat mengetahui dengan jelas tugas dan wewenang serta kewajibannya sehubungan dengan keberadaan dan kegiatan orang asing di wilayah Indonesia, serta dapat memberikan gambaran yang jelas kepada masyarakat tentang pelayanan keimigrasian yang diberikan kepada masyarakat khususnya di Kantor Imigrasi Kelas I Jakarta Pusat.

 

oleh Admin (Seksi Informasi dan Sarana Komunikasi Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas I Jakarta Pusat)

Pemutakhiran Terakhir ( Sabtu, 19 Oktober 2013 12:27 )