Home Layanan Publik Warga Negara Asing Izin Tinggal Terbatas

Izin Tinggal Terbatas (ITAS)

Email Cetak PDF
Indeks Artikel
Izin Tinggal Terbatas (ITAS)
Persyaratan ITAS
Prosedur ITAS
Semua Halaman

Penjelasan ITAS (Izin Tinggal Terbatas) yang hasilnya akan dibuatkan Kartu ITAS atau dikenal dengan KITAS yaitu :


Izin Tinggal Terbatas adalah izin yang diberikan pada orang asing pemegang Izin Tinggal Sementara. Menurut pasal 31 PP No. 32 Tahun 1994 tentang Visa, Izin Masuk, dan Izin Keimigrasian (“PP No. 32/1994”), Izin Tinggal Terbatas sendiri adalah salah satu jenis izin keimigrasian yang diberikan pada orang asing untuk tinggal di wilayah Negara Republik Indonesia dalam jangka waktu yang terbatas. Orang asing yang boleh mendapatkan izin tinggal terbatas adalah:

  1. Orang asing pemegang Visa Tinggal Terbatas
  2. Orang asing pemegang Visa Terbatas
  3. Orang asing yang bekerja sebagai nakhoda, anak buah kapal di kapal atau alat apung atau sebagai tenaga ahli pada kapal atau alat apung yang langsung bekerja di perairan nusantara, laut teritorial atau pada instalasi landas kontinen atau pada zone ekonomi eksklusif.


Visa Tinggal Terbatas diberikan bagi orang asing untuk tinggal di wilayah Negara Republik Indonesia paling lama 2 (dua) tahun terhitung sejak tanggal diberikannya Izin Masuk di wilayah Negara Republik Indonesia (lihat pasal 13 PP No. 18 Tahun 2005 tentang Perubahan Atas PP No. 32/1994).
Izin Tinggal Terbatas dikeluarkan oleh Direktur Jenderal Imigrasi atau Pejabat Imigrasi yang ditunjuknya (lihat pasal 52 Keputusan Menteri Kehakiman Nomor M.02-IZ.01.10 Tahun 1995 tentang Visa Singgah, Visa Kunjungan, Visa Tinggal Terbatas, Izin Masuk, dan Izin Keimigrasian).


Permohonan mendapatkan Izin Tinggal Terbatas tersebut diajukan melalui Kepala Kantor Imigrasi dengan cara mengisi daftar isian yang telah ditentukan dengan melampirkan dokumen-dokumen berikut:

 



Pemutakhiran Terakhir ( Minggu, 30 Oktober 2011 20:26 )  

Fun Bike Hari Bhakti Imigrasi (HBI) Ke 68

Fun Bike Hari Bhakti Imigrasi (HBI) Ke 68

Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan HAM (Sekjen Kemenkumham) Bambang Rantam Sariwanto bersama Dirjen Imigrasi Ronny F. Sompie membuka kegiatan Fun Bike dalam rangka Hari Bhakti Imigrasi (HBI) Ke- 68 di Halaman Gedu...

Baca selengkapnya...
More:

RAPAT KEPEGAWAIAN KANTOR IMIGRASI KELAS I JAKARTA PUSAT

RAPAT KEPEGAWAIAN KANTOR IMIGRASI KELAS I JAKARTA PUSAT
Kepala Bagian Pembinaan dan Penghargaan Pegawai Biro Kepegawaian Sekretariat Jenderal Kementerian Hukum HAM Muslim Alibar (kiri) memberikan materi dalam rapat tentang manajemen pegawai negeri sipil (PNS) di Kantor Im...
Baca selengkapnya...
More: