Kantor Imigrasi Jakarta Pusat menggelar kegiatan pelatihan bertema “Delivering Service Excellence”
Jakarta, 23 November 2025 — Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik dan memperkuat kompetensi sumber daya manusia, Kantor Imigrasi Jakarta Pusat menggelar kegiatan pelatihan bertema “Delivering Service Excellence”. Pelatihan ini berlangsung di Hotel Swiss-Belinn Kemayoran dan diikuti oleh pejabat struktural serta 50 peserta yang terdiri pegawai dari lingkungan Kantor Imigrasi Jakarta Pusat.
Acara ini dibuka dengan sambutan dan laporan kegiatan oleh Plt. Kepala Kantor Imigrasi Jakarta Pusat, Bapak Ronni Fajar Purba, beliau menyampaikan bahwa
“Target dari kegiatan ini adalah agar peserta mampu menguasai teknik komunikasi yang melayani, mampu menanggapi komplain pemohon secara bijak, serta mampu memastikan bahwa pelayanan yang diberikan menjadi lebih mudah, cepat, dan berkesan bagi masyarakat setelah pelatihan ini.”
Acara ini dihadiri juga oleh Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Imigrasi DKI Jakarta, Bapak Pamuji Raharja yang dalam sambutannya menegaskan bahwa peningkatan pelayanan publik merupakan prioritas utama dalam upaya mewujudkan Imigrasi yang adaptif, responsif, dan berorientasi kepada masyarakat.
“Saya menyampaikan apresiasi terhadap Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Jakarta Pusat yang telah menyelenggarakan pelatihan ini. Inisiatif ini menunjukan komitmen kuat untuk terus meningkatkan kualitas kerja khususnya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat” - ujar Pamuji Raharja.
Hadir pula Kepala Pusat Pelatihan BPSDM Kementerian Imigrasi dan Pemasyarakatan, Bapak Tito Andrianto, yang menyampaikan pentingnya penguatan kapasitas pegawai melalui pelatihan yang terstruktur dan berkelanjutan.
“Pengembangan kompetensi ini bukan lagi sebagai hak ASN, tapi menjadi kewajiban ASN. Dengan demikian pengembangan kompetensi harus dipenuhi oleh setiap pegawai sebagai bagian dari penunjang karir dan peningkatan kualitas kinerja” ujar Tito Andrianto.
Sementara itu, Pelatihan ini menghadirkan narasumber profesional yang bekerja sama dengan PT Trustco Cipta Madani, sebuah lembaga pelatihan yang berpengalaman dalam pengembangan sumber daya manusia dan peningkatan mutu pelayanan publik. Para peserta memperoleh materi yang mencakup komunikasi efektif, pelayanan berorientasi pengguna, pengelolaan pengaduan, serta strategi membangun pengalaman layanan yang unggul.
Melalui kegiatan ini, Kantor Imigrasi Jakarta Pusat berharap seluruh peserta dapat mengimplementasikan nilai-nilai service excellence dalam pelayanan kepada masyarakat dan terus memperkuat budaya kerja yang profesional, berintegritas, dan berorientasi hasil.